KOMUNIKASI DATA

KOMUNIKASI DATA

Pengenalan

Pengertian komunikasi adalah pertukaran maklumat antara 2 individu menggunakan set simbol, petunjuk atau kelakuan yg sama. Komunikasi juga bermaksud berkongsi maklumat sama ada secara setempat(local) atau  jauh(remot). Komunikasi setempat adalah komunikasi antara muka kemuka. Komunikasi jarak jauh adalah komunikasi melalui jarak yang jauh. Sedangkan data adalah angka, huruf atau simbol yang berada dalam file-file dan dapat di proses oleh komputer atau bisa disebut juga fakta mentah sebelum diproses pada komputer. Dalam komputer data diwakili oleh digit perduaan (0s dan 1s) yang berarti binary information units (bits). Maklumat terdiri dalam bentuk data, suara, image, alfabet dan kode yang telah diproses. Dalam bentuk yang boleh digunakan dan difahami oleh penerima. Kode sembarang message yang boleh dibaca dan mempunyai maksud dan difahami oleh pengguna akhir.

Definisi Komunikasi Data

Komunikasi data  pertukaran data (dlm bentuk 1s dan 0s) di antara 2 peranti (dari satu titik ke titik lain) melalui media komunikasi data seperti talian telefon. Rangkaian komunikasi data terdiri daripada semua komputer dan piranti yang diperlukan utk berkomunikasi antara satu sama lain. Telekomunikasi adalah pertukaran maklumat melalui jarak tertentu dengan menggunakan perkakasan elektronik untuk penghantaran, telefon, telegraf, tv.

Ciri-ciri Penting Keberkesanan Komunikasi Data;

Penyerahan (delivery)

Data akan dihantarkan kedestinasi yang betul dan diterima oleh perantara atau pengguna yang betul-betul penerimanya.

Ketepatan (accuracy)

Sistem harus dapat menyerahkan data secara tepat.

Data yang telah diubah atau rusak semasa penghantaran dan tidak diperbaiki maka tidak dapat digunakan.

Menepati masa (timeliness)

Sistem harus menyerahkan data mengikut masa yg telah ditetapkan, jika data yg diserahkan lewat tidak berguna.

Komponen data:

  • · Transmisi data.
  • · Data encoding, adalah proses transformasi data atau sinyal input kedalam sinyal  yang dapat ditransmisiskan.
  • · Teknik komunikasi data digital.
  • · Data link control.
  • · Multiplexing, menyatakan variasi teknik yang dipakai untuk membuat pemakaian fasilitas transmisi lebih efisien.

    JARINGAN KOMUNIKASI DATA

    Dalam bentuk sederhana, komunikasi data terjadi antara 2 device yang secara langsung berhubungan dengan medium transmisi point to point. Bila bentuk ini dipakai maka:

    • · Bila device berada pada bagian yang jauh maka akan mahal, contoh : untuk menghubungkan link

    antara 2 device yang jauhnya ribuan mil.

    • · Adanya set-set device, masing-masing memerlukan sebuah link ke lainnya pada variasi waktu,

    contoh : semua telephone didunia dan semua terminal dan komputer dimiliki oleh suatu organisasi tunggal kecuali untuk kasus dengan sedikit device, hal tersebut tidak praktis untuk menggelar kabel antara masingmasing pasangan device.

    stasiun adalah suatu kumpulan device yang akan berkomunikasi, dapat berupa komputer-komputer, terminal-terminal, telephone-telephone atau device komunikasi lainnya. Tiap stasiun menghubungkan ke jaringan node (network node). Set-set node tersebut merupakan pembatasan dari jaringan komunikasi yang sanggup mentransfer data antar pasangan stasiun-stasiun. Tipe dari jaringan komunikasi dalam buku ini :

    • · Switched network , data ditransfer dari sumber ke tujuan melalui hubungan node seri. 
    • Circuit-switched network, arah komunikasi diwujudkan antara 2 stasiun melalui jaringan node contoh umum : jaringan telephone. 
    • Packet-switched network, data dikirim dalam serangkaian potongan-potongan kecil, yang dinamakan paket. tiap paket melewati jaringan dari node ke node sepanjang jalur yang menghubungkan sumber ke tempat tujuan. Contoh umum: komunikasi terminal ke komputer dan komputer ke komputer.
    • · Broadcast network, terdapat transmitter/receiver yang berkomunikasi melalui medium yang disebar

      oleh stasiun-stasiun lain. Suatu transmisi dari satu stasiun di-broadcast ke dan diterima oleh semua stasiun lainnya. Contoh sederhana : CB Radio System. Dalam kasus berikutnya data ditransmisikan dalam paket-paket, karena medium dibagi-bagi, maka hanya suatu stasiun pada suatu waktu yang dapat mentransmisi suatu paket.

      • · Packet radio networks, stasiun berada didalam range transmisi

      satu sama lain dan broadcast (menyiarkan) secara langsung ke satu sama lainnya.

      • · Satellite networks, data tidak ditransfer langsung dari

      transmitter ke receiver tetapi di-relay melalui satelit: masing-masing stasiun mentransmisi ke satelit dan menerima dari satelit.

      • ·Local networks, bentuk yang biasa dari broadcasting adalah LAN.  LAN adalah jaringan komunikasi yang meliputi daerah yang kecil seperti gedung atau bagian kecil dar i gedung.

      MAN meliputi daerah yang lebih luas, seperti antar gedung atau daerah kota. Dalam bus local network , semua stasiun dihubungkan ke kawat biasa atau kabel. Suatu transmisi oleh satu stasiun manapun manapun menyebar pada medium yang panjang dalam kedua arah dan dapat diterima oleh semua stasiun lainnya. Ring network terdiri dari close loop, dengan masing-masing stasiun berhubungan ke elemen repeating (pengulang). Suatu transmisi dari stasiun manapun bersirkulasi mengelilingi ring melalui semua stasiun lainnya dan dapat diterima oleh tiap stasiun selagi melewatinya.

      ARSITEKTUR KOMUNIKASI KOMPUTER

      Tugas-tugas yang harus dilaksanakan :

      • · Sistem sumber harus mengaktifkan path komunikasi data langsung atau memberi informasi pada

      jaringan komunikasi identitas dari sistem yang dituju.

      • · Sistem sumber harus yakin sistem yang dituju siap menerima data.
      • · Aplikasi transfer file pada sistem sumber har us yakin bahwa program manajemen file pada sistem

      tujuan siap untuk menerima dan menyimpan file.

      • · Jika format file yang dipakai pada dua sistem tidak kompatibel, sistem yang satu atau lainnya harus

      melaksanakan fungsi format translasi. Dalam pembahasan komunikasi komputer dan jaringan komputer, ada dua konsep yang terpenting :

      • · protocol, dipakai untuk komunikasi antara entity-entity yang berbeda. Entity adalah sesuatu yang mampu mengirim atau menerima informasi. Sistem adalah obyek fisik yang mengandung satu atau lebih entity. Protocol didefinisikan sebagai aturan yang dibangun untuk pertukaran data antara dua entity. Elemen kuncinya :
      • · Syntax : termasuk hal seperti format data dan level sinyal.
      • · Sematics : termasuk kontrol informasi untuk koordinasi dan mengatasi error.
      • · Timing : termasuk kecepatan pencocokan dan pengaliran.

      Arsitektur komunikasi komputer, Dimana terdapat 3 modul yaitu modul file transfer mengandung semua logic yang unik untuk file transfer application seperti transmisi password dan file record.

      communication service module yang berhubungan dengan kepastian bahwa dua sistem komputer sedang aktif dan siap untuk transfer data dan menyimpan data yang sedang ditukar untuk meyakinkan penyerahan. Tugas ini bergantung tipe jaringan yang dipakai. network access module modul yang dimana memisahkan logic untuk deal sebenarnya dengan jaringan. Jika jaringan yang dipakai berubah maka akan mempengaruhi modul ini.

      Kurang lebih seperti itu yang dapat saya sampaikan dalam tulisan saya ini, jika kurang di mengerti atau kurang dari yang diharapkan, maklumilah dan boleh mengeluarkan pendapatnya disini.

      About wahyu410

      gunadarma university's student
      This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s