Model sistem umum perusahaan

Model sistem umum perusahaan

Sebelum mengenal tetang model sistem umum perusahaan, terlebih dulu kita mengenal sistem informasi. Karena sistem informasi merupakan hal yang sangat penting untuk dipakai di dunia IT. Berikut pengertian dari sistem informasi;

Sistem informasi adalah suatu mekanisme keja yang mengolah data menjadi informasi untuk pengambilan keputusan. Sedangkan sistem informasi manajemen adalah suatu proses kerja yang menggunakan aplikasi untuk memperoleh suatu informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi, efisien  dan efektivitas dalam organisasi. Adapun dimensi-dimensi yang dapat memberikan kontribusi suatu informasi, yaitu:

•          Informasi harus relevan

•          Akurat

•          Tepat waktu

•          Harus lengkap

Model Sistem Umum Perusahaan

•          Aliran Sumber daya fisik

•          aliran sumber daya konseptual

•          Mekanisme pengontrolan perusahaan

•          lingkaran umpan balik

Dari sistem umum perusahaan tersebut, perusahaan juga dapat mempertimbangkan lingkungannya atau pihak-pihak eksternal lainnya, kegiatan perusahaan juga tidak akan berjalan tanpa sumber daya yang diberikan oleh lingkungan. Ada 8 elemen lingkungan perusahaan sebagai kerangka berpikir, yaitu: Pelanggan, pesaing, pemegang saham/pemilik, masyarakat global, karyawan, pemasok, masyarakat keuangan dan pemerintah .

Keunggulan kompetitif

Keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk meningkatkan pangsa pasar. Satu hal yang penting, manajer perusahaan menggunakan sumber daya fisik dan sumber daya konseptual untuk mencapai tujuan strategis. Dengan adanya sistem informasi yang berbeda-beda antar perusahaan satu dengan lainnya maka akan terjadi suatu persaingan dalam menghasilkan informasi. Keunggulan kompetitif juga dapat diwujudkan dalam bentuk keunggulan dibidang strategis, taktikal, dan operasional. Tingkat startegis, arah tukuan system informasi dapat mengubah arah perusahaan. Tingkat taktikal, manajer dapat memberi batasan bagaimana perencanaan strategis diimplementasikan. Tingat operasional, manajer dapat menggunakan teknologi informasi dalam berbagai cara untuk memproleh data dan mengolah informasi.

JENIS-JENIS MODEL

1.    Model Fisik                  ; penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi.

2.    Model Naratif             ; menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan.

3.    Model Grafik               ; menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau symbol.

4.    Model matematika      ; sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitian dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.

KEGUNAAN MODEL

1.    Mempermudah Pengertian, suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang sederhana.

2.    Mempermudah Komunikasi, setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering pula dikomunikasikan pada orang lain.

3.    Memperkirakan Masa Depan, ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.

DIMENSI – DIMENSI INFORMASI

Saat para manajer menentukan output yang harus disediakan para pengolah informasi, mereka mempertimbangkan 4 dimensi dasar informasi :

1.    Relevansi.

2.    Akurasi.

3.    Ketepatan waktu.

4.    Kelengkapan.

untuk mencapai sesuai yang diinginkan pengolah informasi manajer harus memiliki penjelasan yang logis untuk menjelaskan kepada para pengolah informasi agar dapat diterima oleh pengolah informasi.

About wahyu410

gunadarma university's student
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s